Kamis, 12 Juli 2012

5 Budaya Indonesia yang Diklaim Malaysia (Bagian II – Habis)


[UNIKNYA.COM]: Mengambil kutipan Ruhut Sitompul, “Malaysia itu tidak memiliki banyak budaya seperti kita, maka dari itu dia membutuhkan identitas.” Sudah pasti itu alasan mengapa Malaysia mendaftarkan banyak kebudayaan asal Indonesia di situs resmi Kementerian Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Malaysia heritage.gov.my. Termasuk di dalamnya Reog Ponorogo, Wayang Kulit, Tari Pendet, dll. Setelah lima kebudayaan yang dibahas pada artikel sebelumnya, mari kita bahas lima kebudayaan Indonesia lainnya yang diklaim Malaysia.

1. Reog Ponorogo
Dalam situs heritage.gov.my, ada gambar Reog Ponorogo dan situs itu menjelaskan bahwa tarian tersebut berasal dari Malaysia dengan nama Tari Barongan. Namun, pada akhir November 2007, Dubes Malaysia untuk Indonesia Datuk Zanal Abidin Muhammad Zain menyatakan negaranya tidak mengklaim Reog Ponorogo sebagai budayanya. Dan akhirnya Pemerintah Jawa Timur berupaya mendaftarkan Rego Ponorogo untuk mendapatkan hak paten tingkat dunia.
Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka

2. Angklung
Angklung adalah budaya khas dari masyarakat Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Warisan leluhur ini juga pernah diklaim oleh Malaysia. Dalam situs www.musicmall_asia.com disebutkan bahwa angklung berasal dari Malaysia tepatnya berada di kota Johor. Musik angklung merupakan pengiring kesenian kuda kepang. Namun, sama halnya dengan Tari Reog, pemerintah Malaysia pun membantah melakukan klaim atas alat musik khas Jawa Barat tersebut.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka

3. Kuda Lumping
Kuda lumping adalah tarian khas Jawa, Indonesia. Namun beberapa kaum Jawa yang pindah ke Singapura juga mewariskan tarian ini pada generasinya di Singapura. Namun kuda lumping ini tetap budaya Indonesia. Pada tahun 2009, kebudayaan asal Jawa Timur ini diklaim juga oleh Malaysia. Mengutip dari liputan6.com, “
Menanggapi hal ini, Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda mengatakan, jangan terlalu cepat terpancing emosi karena hal ini…Negeri tetangga lebih menghargai kesenian Indonesia, bahkan selalu ingin memilikinya. Tidakkah hati kita terusik oleh hal ini? Masyarakat seharusnya bisa lebih menyadari dan berusaha untuk menjaga kelestarian budaya nusantara.”
Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka
4. Keris
Keris adalah salah satu senjata para raja Majapahit. Wilayah yang paling banyak memakai keris adalah Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, Pesisir Kalimantan dan Sulawesi. Senjata ini pun diklaim Malaysia sebagai warisan budayanya. Bukti keris merupakan budaya Indonesia terdapat di Candi Borobudur. Dalam satu panel relief Candi Borobudur ( abad ke – 9 ) yang memperlihatkan seseorang memegang benda serupa keris.
Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka
5. Gamelan Jawa
Klaim yang terakhir adalah Gamelan Jawa yang sudah jelas-jelas merupakan warisan kebudayaan Jawa. Gamelan ini terdiri dari berbagai macam alat musik. Selain bonang, gong, ada pula rebab dan alat musik lainnya yang biasanya mengiringi wayang. Malaysia mengklaim gamelan sebagai budayanya lewat situs heritage.gov.my.
Selain apa yang telah dipaparkan dalam dua artikel ini, masih banyak lagi budaya Indonesia yang diklaim Malaysia, seperti Tari Piring, Ulos, dll. selain itu beberapa lagu tradisional Indonesia pun mengalami hal yang serupa, seperti Lagu Rasa Sayange, Soleram dari Riau, Lagu Injit-injit Semut dari Jambi, Lagu Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara, dan Lagu Jali-jali.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka

Sumber: berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012

Tidak ada komentar: